September 30, 2009

Kerinduanku

Mengutip dari Imam Al Ghazali " Satu kerinduan lebih baik dari seribu impian.satu kesadaran lebih baik dari seribu impian. Satu tindakan lebih baik dari seribu kesadaran. Satu tujuan akhir lebih baik dari seribu tindakan. Satu keikhlasan lebih baik dari seribu tujuan akhir ." Subhanallah...

Sebagai makhluk ALLAH yg dikarunia fitrah,kerinduan akan selalu ada dalam diri kita,pada apa saja.Karena ia adalah harapan,cita-cita,dan impian kita untuk memperoleh atau meraih sesuatu yang baik..

Akan tetapi,tidak selamanya kerinduan itu berujung pada keberhasilan yg memberi manfaat. Karena sering kali kita menambatkan kerinduan pada sesuatu yang salah.tepatnya pada alamat2 yg keliru. Sehingga bukan maslahat yg kt dapat,tetapi mafsadat yg kita tuai..

Suatu hari,di salah satu rumah di Madinah, Umar bin Khattab duduk bersama para sahabatnya. Lalu ia berkata, "Bercita2lah kalian". Satu persatu,meraka kemudian mengutarakan cita2nya. "Alangkah indahnya jika rumah ini dipenuhi emas sehingga bisa kuinfakkan di jalan ALLAH",Kata yg pertama..

"Aku ingin rumah ini dipenuhi intan mutiara agar dpt berinfak dan bersedekah di jalan ALLAH",tutur yg kedua.Dan sterusnya,sampai tidak ada lagi angan yg bisa mereka keluarkan.

Terakhir,giliran Umar menuturkan cita2nya sendiri. Katanya," Kalau aku,aku merindukan kehadiran pemuda,seperti Abu ubaidah bin Jarrah, Mu'adz bin Jabal,dan Salim Maula Abu Hudzaifah, yang dengan mereka aku berjuang menegakkan kalimat ALLAH..

Begitulah Umar.Ia telah mengungkapkan sebuah cita2 luar biasa,yg mungkin saja telah lama membuncah dalam jiwanya.. Itulah kerinduan yg beralamat jelas..bukan kerinduan picisan yg tak bermakna..


Ya ALLAH jadikanlah kerinduanku ini bermakna..biarlah hanya hatiku yang tahu..
Ku ingin kerinduan itu bermuara jelas..di taman keabadian itu..taman dzikir,taman syurga...


*On my journey to Makassar, 28 Ramadhan 1430, 2.30PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar